Memberikan Bacaan Seputar Bertahan Hidup | Petualangan | Cerita | Biografi | Penjelajahan | Alat Pendukung dan Makanan

Tindakan Bila Terjebak Cuaca Kilat Petir di Ketinggian

Flash Lightning

Bagi yang berada di daerah ketinggian terutama untuk pendaki gunung seperti mendapatkan mimpi buruk bila terjebak dalam badai petir. Petir dapat datang begitu cepat dan dengan ganas kemungkinan yang ada dibenak anda segera pergi untuk mencari tempat berlindung.

Hindari semua dari bahaya dan kerusakan. Banyak belajar tentang sistim cuaca untuk mengamati fenomena alam yaitu petir. Ubah rencana anda segera ke tempat yang lebih rendah dan rute pendek bila kedapatan badai petir.

Awan cumulonimbus yang menyebabkan badai petir dan membuatnya semakin membesar, jadi tetesan air yang berada didalam awan terhempas-hempas keatas dan kebawah. Jika tetesan air itu membeku maka akan hancur;  dan ketika itu hancur ada pemisahan muatan listrik, muatan positif melekat pada Kristal es dan muatan negatif melekat pada hujan es. Dan pelepasan (lightning) pun terjadi, ditambah dengan bunyi ledakan yang luas di udara (Guntur). Petir menghantam tanah ketika pelepasan terjadi antara hujan es yang bermuatan negatif dan tanah yang bermuatan positif.

Tanda-tanda peringatan petir:
Dua cara yang menyebabkan badai petir adalah (a) gelombang udara dingin dan (b) cuaca panas. Tanda peringatan untuk (a) adalah skema cuaca menunjukan gelombang udara dingin, dengan peringatan langsung terlihat dari  menurunnya tekanan udara. Tanda peringatan untuk (b) adalah skema cuaca menunjukan tekanan udara yang lemah dilereng, dengan peringatan langsung cuaca yang terasa besar tekanannya dan membuat awan altocumulus castellanus atau awan altocumulus flocus.

Jika anda berada dipuncak ataupun punggung bukit mungkin anda akan mendengar bunyi berderit dan mungkin kapak atau trekking poles punya anda mendengung. Rambut anda akan berdiri diakhir dan mungkin bersinar dengan cahaya kebiruan.

Turuni gunung:
Tapi sayangnya waktu akan datang ketika anda terjebak oleh petir, karena semua orang akan tersambar cepat atau lambat. Melakukan segala upaya untuk menuruni gunung. Jika anda belum berjalan sedikit pun, sekarang waktunya untuk bertindak pergi.

Jika anda berada di punggung bukit yang terbuka, cobalah untuk terus dan turun menuruni bukit untuk kembali ke lembah. Lebih baik mencari shelter karena bukan hanya membuat anda aman dan kering, tapi anda bisa saling cerita dan momen kepada kelompok atau tim anda, cerita horror pilihan yang tepat.

Tempat yang harus dihindari:
Berada dipunggung bukit terbuka, anda sangat tidak terlindungi oleh datangnya petir dari atas. Dibawah batu dan dipintu-pintu masuk ke gua karena petir mencari jalan pintas ke tanah dan anda mungkin memberikan penghubung.

Didalam retakan celah-celah batu karena petir bisa mengikuti retakan sampai bawah

Benda logam:
Letakkan kapak, trekking pole atau benda logam lainnya kepunyaan anda setidaknya 20 meter dari tempat anda berada, karena petir akan tertarik pada benda logam.

Pohon:
Jika anda posisi turun diantara pepohonan hindari godaan untuk berlindung dibawah pohon besar bila ada petir, karena itu merupakan obyek yang memungkinkan untuk disambar petir

Jika terserang:
Tidak semua serangan petir menimbulkan kematian, tetapi jika seseorang terkena dan berhenti bernapas, mulailah melakukan resuscitation (tindakan mengembalikan kesadaran sesorang dan menyadarkan kembali) langsung.
0 Komentar untuk "Tindakan Bila Terjebak Cuaca Kilat Petir di Ketinggian"

Back To Top