Memberikan Bacaan Seputar Bertahan Hidup | Petualangan | Cerita | Biografi | Penjelajahan | Alat Pendukung dan Makanan

3 Peralatan Kecil Bisa Dipakai untuk Modal Survival


Benda kecil yang berguna disaat darurat dan bisa menolong anda, benda kecil itu adalah pisau lipat multifungsi, peluit dan senter.

PELUIT
Peluit berguna untuk meminta pertolongan, menarik perhatian dan memberitahukan ada “sesuatu”. Ada pedoman dasar bagi petugas penyelamat dalam melakukan pencarian adalah mencari suara orangorang yang dicari, baik di luar ruang (hutan) maupun yang terperangkap di dalam bangunan. Peluit adalah media yang berguna, karena ia bersuara melengking dan memiliki jangkauan suara yang lebih luas disbanding kita berteriak.

Tiuplah peluit agar tim penyelamat bisa mengetahui keberadaan anda. Bisa sembarangan bunyi peluit atau meniupkan dengan menggunakan kode Morse yaitu: ・ ・ ・ – – – ・ ・ ・ (titik ditiup pendek dan strip ditiup panjang) atau dikenal dengan istilah Morse code distress signal.

SENTER
Dalam pedoman penyelamat, selain suara, cahaya juga menjadi acuan dalam pencarian korban. Bila tim penyelamat melihat cahaya (apalagi yang di sorotkan ke atas10 atau di sorotkan berkedip-kedip) maka mereka akan mengambil kesimpulan bahwa ada orang y membutuhkan bantuan disana atau ada orang yang terperangkap. Saat ini banyak handphone yang disertai senter, sehingga memudahkan kita. Bila tidak ada, dipasaran banyak senter kecil yang bisa dimasukkan ke dalam saku dan disatukan dengan peluit.

PISAU LIPAT MULTIFUNGSI
Disaat darurat, pisau lipat multifungsi akan sangat bermanfaat, baik untuk memotong, menggunting, membersihkan, membuat lubang, dll. Banyak beredar di pasaran pisau lipat tipe ini, namun penulis sarankan untuk membeli pisau lipat yang diproduksi oleh perusahaan terkenal, karena terjamin mutu dan juga penggunaan dalam jangka waktu lama (durability). Pilihlah pisau lipat yang enak digenggam dan memiliki banyak fitur yang dibutuhkan.
0 Komentar untuk "3 Peralatan Kecil Bisa Dipakai untuk Modal Survival"

Back To Top