Memberikan Bacaan Seputar Bertahan Hidup | Petualangan | Cerita | Biografi | Penjelajahan | Alat Pendukung dan Makanan

Melindungi Pakaian Anda dari Ancaman

Melindungi dan menjaga pakaian anda merupakan hal yang wajib dikerjakan dalam kondisi tersesat atau bertahan hidup dimanapun.

Jika mendapatkan diri anda dalam keadaan hidup atau berjuang dari kematian untuk bertahan hidup dan anda tidak memiliki perlengkapan cadangan kedua atau ketiga, kemungkinan yang ada hanya memakai pakaian yang melekat ditubuh. sedangkan anda. berada dihutan, mengerti bahwa pakaian yang dipakai akan kotor dengan cepat, sehingga membutuhkan waktu untuk menjaga pakaian yang ada. Bila pakaian anda lenyap, anda akan lebih terbuka dan tak terlindungi dari cuaca. menjadi rentan terhadap cedera dan penyakit.

Hal yang utama :

T-shirt/kaos dalam: jika masih memiliki salah satu dari ini, lepaskan dan simpan saat beraktivitas disiang hari. Anda bisa melepaskan kemeja luar anda dan mengenakan t-shirt/kaos dalam bila sudah selesai beraktivitas pada hari itu. Mengganti kemeja luar yang basah karena keringat dan mengganti dengan t-shirt/kaos dalam akan membuat diri segar kembali. sementara ambil kesempatan anda untuk mencuci dan mengeringkan kemeja luar anda.

Celana Dalam: jangan memakai pakaian dalam dihutan, ketika itu menyebabkan lecet dan gatal. Jika anda mempunyai pakaian dalam, pada kesempatan pertama cuci dan simpan itu kecuali dipakai sebagai lap mandi atau perban untuk kaki yang melepuh, luka, terinfeksi sengatan/gigitan serangga, dan sebagainya. Gunakan yang bersih diatas kepala pada malam hari hanya untuk mencegah nyamuk yang menyengat wajah, telinga dan leher.

Pakaian Luar: jika anda kedapatan sendirian didalam hutan, semoga anda sudah berpakaian dengan tepat untuk kemungkinan menghadapi situasi bertahan hidup. Celana dan kemeja anda harus longgar dan mempunyai beberapa kantong kargo dimana anda bisa menaruh barang yang diperlukan (perlengkapan pertama) seperti kompas, GPS, sinyal mirror, dan sebagainya. Pakaian luar akan melindungi anda dari tanaman merambat, duri, batu, serangga, matahari, dan hal lain mungkin gerakan menerobos ketika berjalan dihutan. Oleh karena itu, anda harus sesekali memeriksa dan perlu merawat pakaian luar anda, idealnya sehari sekali. Jika mendapatkan pakaian sobek, segera meluangkan waktu untuk memperbaikinya. Jika tidak segera diperbaiki, robekan mungkin menjadi membesar dan merubah pakaian anda menjadi kain yang tidak bisa dipakai!

Cobalah untuk mencuci pakaian anda setidaknya sekali setiap dua hari. Cukup merendam pakaian di sumber air dan peras dengan hati-hati. Ulangi cara ini beberapa kali untuk memberihkan pakaian luar dari menumpuknya kotoran, keringat, dan kelengketan tubuh. Keringkan pakaian luar anda dibawah tempat teduh dengan meletakkannya ditanah atau tanaman merambat. Jangan pernah keringkan pakaian di sinar matahari langsung, bila melakukannya membuat serat kain menjadi lemah.

Sepatu Boots: sepatu kulit cepat busuk dihutan. Persoalan sepatu militer modern cenderung lebih baik daripada sepatu bot model lama, tetapi serat kainnya masih melemah dilingkungan hutan. Upaya untuk menjaga sepatu boots anda, rendamlah dalam air setidaknya sekali setiap dua hari, dilakukan pada sore hari ketika anda sudah berhenti beraktivitas. Untuk mencegah dari tusukan dan robekan yang tidak disengaja, gosok sepatu boot anda menggunakan tangan untuk menghilangkan lumpur yang ada. Sementara mencuci sepatu jaga tali sepatu dicampur dan alas yang didalam sepatu.

Setelah hati-hati mencuci sepatu boots anda, dan periksa bila ada kerusakan, kemudian keringkan secara terpisah tali sepatu dan alas sepatu. Lebih baik menempatkan dua tongkat kedalam tanah dan menggantung sepatu anda secara terbalik disetiap tongkat (tongkat dimasukkan kedalam sepatu). Menggantungkan sepatu diatas tanah untuk memberikan udara kering. Sekali lagi, jangan mengeringkan sepatu dan aksesori pada sinar matahari langsung!

Kaus kaki: jika situasi anda memungkinkan, cuci dan keringkan kaus kaki setiap hari ketika anda selesai beraktifitas. Kaus kaki anda perlu dicuci dan diangin-anginkan untuk mengurangi efek dari jamur yang memakan kulit. Pada waktunya, kaus kaki anda tidak akan memiliki serat kain lagi. Tapi jangan khawatir sementara berjalan mereka bisa digunakan sebagai lap keringat. Sambil mengeringkan kaus kaki anda, coba keringkan atau angin-anginkan kaki anda.

Topi: menghilangkan kotoran, minyak, dan lengketnya keringat dengan cara merendam topi dalam air dan memerasnya perlahan. Ulangi langkah tersebut bila diperlukan. Menggantung topi dibawah tempat teduh. Topi anda berfungsi melindungi anda dari paparan sinar matahari dan mengakibatkan luka bakar. Jika anda memakai topi hutan bertepi “floppy hat”, sematkan selusin peniti untuk keperluan darurat. Anda dapat menggunakannya sebagai kait pancingan untuk digunakan dalam situasi darurat.

Ingat, pakaian yang semua anda miliki. Ketika mereka sudah tidak lagi berfungsi dengan baik atau hilang, penderitaan anda akan bertambah. Jadi berhati-hati dengan apa yang anda miliki dalam situasi bertahan hidup.
0 Komentar untuk "Melindungi Pakaian Anda dari Ancaman"

Back To Top