Memberikan Bacaan Seputar Bertahan Hidup | Petualangan | Cerita | Biografi | Penjelajahan | Alat Pendukung dan Makanan

Kesulitan Dapat Makan Binatang ini bisa sebagai Sumber Makanan

Dalam Keadaan yang Terdesak Binatang bisa dijadikan sebagai Sumber Makanan (SURVIVAL)





Ada tiga prioritas utama dalam kondisi survival yaitu air, makanan, dan juga shelter. Tubuh membutuhkan kalori dari makanan sebagai asupan sumber energi. Makanan juga berfungsi untuk menjaga panas tubuh supaya tetap konstan. Untuk menjaga metabolisme tubuh, tubuh membutuhkan 70 kalori setiap jamnya, dalam kondisi diam. Jadi dalam 24 jam tubuh membutuhkan sekitar 1680 kalori.
Makanan dibagi menjadi 3 kategori yaitu karbohidrat, lemak dan protein. kandungan kalori dari ketiganya berbeda-beda dalam setiap gramnya. 1 gram karbohidrat menghasilkan 4 kalori. 1 gram protein menghasilkan 4 kalori. Dan 1 gram lemak menghasilkan 9 kalori.

BINATANG SEBAGAI SUMBER MAKANAN
Untuk mendapatkan binatang yang lebih besar dibutuhkan usaha yang lebih besar. Maka lebih baik kita konsentrasikan usaha kita pada hewan yang lebih kecil. Hal yang penting bagi kita untuk mempelajari kebiasaan dan perilaku binatang. Karna kita dapat menjebak, menangkap berdasarkan perilakunya.

Dalam kondisi survival tidak ada pengecualian dalam selera, makan apa pun yang merayap, berenang, berjalan atau terbang. Meskipun ada beberapa jenis binatang beracun bagi tubuh, namun rata-rata binatang dapat dikonsumsi. Saat pertama melakukannya mungkin kita akan merasa kesulitan, namun kita harus memakan apa pun yang mungkin dapat di makan untuk menjaga stabilitas tubuh.

  • Serangga (65-80% protein), Serangga mudah ditangkap. Serangga mengandung 65-80 persen protein. Fakta ini menjadikan serangga merupakan sumber makanan yang cukup penting, meskipun bukanlah jenis makanan yang dapat menggugah selera. Dalam mencari serangga pun perlu di perhatikan, gigitan atau sengatan serangga dapat berbahaya. Serangga yang memiliki bulu, berwarna cerah dapat mengindikasikan bahwa ia memiliki racun yang cukup tajam. Serangga sejenis ulat bulu, laba-laba, kutu, lalat dan nyamuk merupakan serangga yang harus di hindari. Kayu busuk, batu dan material lain yang tergeletak di tanah biasanya mengandung banyak serangga. Semut, rayap, kumbang, tempayak biasanya hidup dibawahnya. Selalu masak serangga sebelum memakannya, buang sayap dan kaki yang berduri. Kita dapat menambahkan dedaunan untuk memodifikasi rasanya.
  • Cacing, Cacing dapat dijadikan sumber protein yang cukup baik. Cacing biasanya hidup di tanah humus, kayu busuk dan sebagainya. Letakkan cacing pada wadah air, biarkan beberapa saat. Cacing akan bersih dengan sendirinya, lalu kita dapat langsung menelannya.
  • Crustacea, Seperti udang, kepiting dan sejenisnya merupakan makanan yang tak asing. Binatang jenis ini biasanya aktif pada malam hari. Beberapa kepiting mengandung racun pada kulit tubuhnya. Bawang putih dapat dijadikan indikator. Jika bawang putih berubah menjadi hitam saat dimasak dengan kepiting, itu tandanya kepiting mengandung racun.
  • Molluska, Bekicot biasa hidup di daerah lembab dan banyak di hutan, jenis kerang-kerangan biasanya hidup di daerah sungai, rawa dan dasar laut yang tidak dalam. Binatang ini mudah ditangkap.
Beberapa kerang remis mengandung racun yang sangat berbahaya.

  • Ikan, Ikan mengandung protein dan lemak yang baik. Beberapa jenis ikan seperti ikan buntal mengandung racun yang mematikan. Sebaiknya dihindari.
  • Amphibi, Katak dan binatang amphibi lainnya dapat dengan mudah kita temukan di sekitar air tawar. Hindari katak dengan warna cerah. Ada perbedaan antara katak dan kodok. Kodok biasanya hidup pada daerah kering. Beberapa jenis kodok mengandung racun pada kulit tubuhnya.
  • Reptil, Reptil juga mengandung unsur protein yang baik, dan biasanya mudah ditangkap. Ular, kadal, kura-kura dapat dimakan. Sebaiknya masak terlebih dulu dagingnya untuk membunuh parasit pada dagingnya. Namun karena reptil termasuk dalam golongan berdarah dingin, maka darah mereka tidak mengandung penyakit seperti layaknya hewan berdarah hangat.
Jangan mencoba menangkap ular menggunakan tangan jika tidak memiliki ketrampilan, gunakan alat seperti tongkat kayu atau semacamnya untuk membunuh ular berbisa. Pukul bagian kepala dan ekornya.


  • Burung, Burung akan lebih mudah ditangkap pada malam hari. Karna hanya ada sedikit jenis burung yang beraktifitas di malam hari. Kita dapat mencari sarang dan menangkapnya. Ada beberapa jenis burung yang tidak akan pergi meskipun di dekati saat membuat sarang. Mengetahui kebiasaan dan letak sarang dapat dijadikan prioritas.
  • Mamalia, Mamalia mengandung cukup kalori yang kita butuhkan. Namun untuk mendapatkan binatang jenis ini tidaklah mudah. Sekali lagi, mengenal kebiasaan dan perilaku binatang dibutuhkan. 

0 Komentar untuk "Kesulitan Dapat Makan Binatang ini bisa sebagai Sumber Makanan"

Back To Top