Memberikan Bacaan Seputar Bertahan Hidup | Petualangan | Cerita | Biografi | Penjelajahan | Alat Pendukung dan Makanan

(SURVIVAL) Gejala Frostbite Mengenal Lebih Jauh dan Cara Mengatasinya

Frosbite Typography

Frostbite
Frostbite merupakan bahaya yang konstan bagi siapapun terkena suhu dibawah nol derajat. Karena tidak menyakitkan, frostbite sering terjadi tanpa disadari. Oleh karena itu, ketika beraktivitas pada suhu dibawah nol derajat,  seringkali anda perlu periksa muka, tangan, dan kaki.

Kulit bisa terkena frostbite:
  • Dalam waktu 30 menit dibawah suhu -22°F
  • Dalam waktu 1 menit dibawah suhu -60°F
  • Dalam waktu 30 detik dibawah suhu -74°F
Kaki, tangan, telinga, dan muka yang terbuka merupakan daerah yang rentan terkena frostbite. Kulit menjadi putih pucat merupakan indikator gejala ringan. Secara mendalam frostbite meluas kedalam bawah kulit.

Cara terbaik untuk mencegahnya ketika anda dengan yang lain menggunakan ‘sistem teman saling membantu’. Sering cek wajah teman anda dan pastikan juga dia cek wajah anda. Jika sendiri, secara berkala tutupi hidung dan bagian bawah wajah anda menggunakan tangan yang bersarung.

Berikut petunjuk yang membantu anda tetap hangat dan mencegah gejala frostbite dalam kondisi cuaca yang sangat dingin atau ketika anda kurang memakai pakaian yang sesuai:
  • Wajah, jaga sirkulasi darah dengan menyentak dan mengerutkan wajah anda. Hangatkan dengan tangan anda.
  • Telinga. Goyang-goyang dan gerakkan telinga anda jika bisa. Hangatkan dengan tangan anda
  • Tangan, gerakkan tangan dalam sarung tangan anda. Tempatkan tangan anda dekat dengan tubuh supaya hangat.
  • Kaki, pindah-pindah kaki anda dan goyangkan jari-jari kaki didalam sepatu bot anda.
Hilang rasa ditangan dan kaki merupakan indikator terkena frostbite. Jika anda kehilangan rasa itu dalam waktu singkat, mungkin gejala frostbite ringan. Jika tidak, itu gejala frostbite yang serius.

Untuk menghangatkan kembali bila terkena gejala frostbite ringan, gunakan tangan yang bersarung ke wajah dan telinga anda. Letakkan tangan dibawah ketiak anda. Tempatkan kaki diperut teman anda. Cedera serius akibat gejala frostbite, jika dicoba menghangatkan dan tetap membeku, bisa menimbulkan cedera yang parah.

Mengobati Gejala Frostbite
Cara lama mengobati gejala frostbite dengan menggosok es atau salju kedalam dibagian yang terkena, tapi ini hanya akan menurunkan suhu dan beresiko menghilangkan lapisan kulit luar. Seperti sebagian besar jenis cedera dingin lain, solusi terbaik dengan menghangatkan bagian yang terkena gejala secara bertahap. Jangan menggosoknya!. Bahkan memijatnya dengan lembut bisa melukai kulit, seperti yang disebutkan sebelumnya. Jika frostbite tampak diwajah anda, hangatkan dengan menekan jari hangat. Jika pergelangan tangan membeku, hangatkan dengan genggaman tangan yang lain. Kedapatan membeku ditangan dan jari bisa dicairkan dengan memasukkan kedalam pakaian didaerah dada atau dibawah ketiak anda.

Membeku didaerah kaki mendapatkan masalah yang sangat serius, karena beresiko tinggi kehilangan jari kaki. Menjaga kaki supaya tidak membeku gunakan sepatu yang melindungi hangat tubuh. Jika menduga kaki anda membeku, segera lakukan tindakan. Ganti dengan sepatu kering lain jika anda bisa atau membungkus kaki dengan pakaian sampai mencair. Hangatkan itu secara perlahan. Jangan didekatkan dengan pemanas atau api. Rasa panas terbakar akan mengikuti selama proses pencairan dan pemanasan didaerah yang beku, dan rasanya sangat menyakitkan. Setelah mengalami itu, ada semacam lepuhan dan mengupas dikulit, seperti terbakar sinar matahati, karena cuaca dingin yang ekstrim telah “membakar” kulit anda.

Gejala Frostbite Bertahan Hidup
Tangan terkena Frosbite berada disuhu dibawah nol derajat
Trench foot dan Immersion foot
Trench foot merupakan kondisi yang menyakitkan disebabkan oleh perendaman didalam air dingin atau lumpur ditandai dengan menghitamnya permukaan karena matinya jaringan kulit. Kalau immersion foot kondisi dimana kaki sering terendam air, kedua kondisi ini didapat karena terpapar air dan menjadi basah berjam atau berhari-hari. juga bisa dalam kondisi lembab pada suhu diatas titik beku. Gejala awalnya berasa kesemutan, mati rasa dan kemudian merasakan kesakitan. Kulit akan terlihat basah, lembek, dan keriput.

Jika tidak diobati, kulit akan memerah dan kemudian menjadi kebiru-biruan atau berwarna hitam. Kaki akan menjadi dingin, bengkak, dan tampilannya lunak seperti lilin. Akan sulit berjalan karena kaki terasa berat dan mati rasa. Otot dan saraf menjaga kerusakan utama kulit, tetapi ganggren bisa terjadi. Ganggren bisa disebut pembusukan jaringan tubuh, karena terhambatnya sirkulasi jaringan atau infeksi bakteri. Dalam kasus yang ekstrim, daging bisa mati dan kemungkinan untuk diamputasi.

Pencegahan terbaik upaya menjaga kaki tetap kering. Membawa kaus kaki lebih dalam paket waterproof. Kaus kaki kering menjadi basah, kering lagi, basah lagi, begitu kejadian yang menyerang tubuh anda. Cuci kaki anda dan ambil kaus kaki kering sehari-hari.

0 Komentar untuk "(SURVIVAL) Gejala Frostbite Mengenal Lebih Jauh dan Cara Mengatasinya"

Back To Top