Memberikan Bacaan Seputar Bertahan Hidup | Petualangan | Cerita | Biografi | Penjelajahan | Alat Pendukung dan Makanan

Tumbuhan ini bisa dimakan atau tidak Berikut Cara Mengidentifikasinya

Tanaman Beracun

Dalam kondisi survival, kemampuan mengidentifikasi tanaman dan tumbuhan beracun sama pentingnya dengan kemampuan mengenali tanaman yang dapat dimakan.

BAHAYA PADA TUMBUHAN
Beberapa tanaman memiliki racun yang sangat berbahaya bagi tubuh. Kadar racun yang dikandung oleh tanaman berbeda-beda. Reaksi racun beberapa tanaman terkadang baru terasa jika kita melakukan kontak dalam jumlah yang besar dan beberapa tanaman memiliki kadar racun mematikan meskipun dalam jumlah yang sedikit. Begitu juga reaksi racun terhadap tubuh, beberapa orang mungkin sanggup menanggulangi racun dari tanaman, namun beberapa orang tidak.
Banyak yang memberikan pernyataan tentang tanaman yang menjadi salah kaprah :
  • Tanaman yang dimakan binatang dapat dimakan. Beberapa pernyataan ini terkadang benar, namun beberapa binatang sanggup memakan tanaman yang beracun bagi manusia.
  • Merebus tanaman dapat menghilangkan racun. Merebus memang dapat menghilangkan racun, namun pada beberapa kasus, merebus tanaman menjadikan kadar racun tanaman menjadi lebih tinggi.
  • Tanaman yang berwarna merah merupakan tanaman beracun. Beberapa tanaman yang berwarna merah memang beracun, namun tidak seluruh tanaman yang berwarna merah mengandung racun. 
Intinya adalah, tidak ada satupun kaidah pasti untuk mengidentifikasi tanaman beracun. Maka, mempelajari tanaman yang beracun bagi tubuh merupakan hal yang harus dilakukan.

MENGENAL TUMBUHAN
Mengenal dan mempelajari tumbuhan yang dapat dimakan atau beracun merupakan hal wajib jika ingin survive. Sifat racun dan bagaimana racun bekerja berbeda-beda. Contohnya, beberapa jenis buah dapat dimakan jika sudah matang, namun beracun jika masih mentah. Tunas muda beberapa jenis tanaman dapat dimakan, namun akan sangat beracun jika sudah tua. Beberapa tanaman juga dapat beracun jika sudah layu.

MENGHINDARI TUMBUHAN BERACUN
Hindari segala jenis jamur di hutan. Jangan pernah mencoba menyentuh, memakan atau menghirup jamur. Jangan menyentuh atau melakukan kontak pada tanaman yang tidak dibutuhkan.

RACUN TANAMAN
Memakan, menyentuh atau menghisap tanaman yang salah dapat mencelakakan. Gejala racun dari tanaman dapat terjadi setelah beberapa hari bahkan seketika. Racun tanaman juga dapat berpengaruh secara lokal pada bagian tubuh atau seluruh tubuh. Getah, batang, daun dan akar tanaman dapat menjadi sumber racun. Gatal, perih, mati rasa, mual, mabuk, bahkan kematian dapat menjadi reaksi racun pada tubuh.
Jangan pernah membakar tanaman beracun, sebab asap yang dihasilkan dapat mengandung racun yang sama. Jika tanaman tersentuh, cobalah menghilangkan racunnya dengan sabun dan air. Jika tidak ada, gunakan lumpur dan jangan digaruk. Jika tanaman tertelan, segera muntahkan dan minumlah air dalam jumlah banyak.

0 Komentar untuk "Tumbuhan ini bisa dimakan atau tidak Berikut Cara Mengidentifikasinya"

Back To Top