Memberikan Bacaan Seputar Bertahan Hidup | Petualangan | Cerita | Biografi | Penjelajahan | Alat Pendukung dan Makanan

Pengertian Survival Pentingnya Mengetahui Arti Survival

Survival
Survival merupakan seni bertahan hidup. Kestabilan mental sangat dibutuhkan demikian pula ketahanan fisik dan pengetahuan. Apakah yang dimaksud dengan survival itu: Berikut ini beberapa pengertian Survival yang diambil dari beberapa sumber:

  1. Survival is the struggle to remain living.
  2. Survival berasal dari kata survive yang berarti mampu mempertahankan diri dari keadaan tertentu. Survival adalah keadaan dimana diperlukan perjuangan untuk bertahan hidup.
  3.  Survival - the state or fact of continuing to live or exist, typically in spite of an accident, ordeal, or difficult circumstances.
  4. Survival - the state of continuing to exist, and not to fail or be destroyed.


Survival atau bertahan hidup, walaupun merupakan kemampuan dasar manusia dalam beradaptasi dengan lingkungannya, tetaplah memerlukan teknik khusus terutama bila kita dihadapkan dengan kondisi sulit dalam waktu yang sangat mendadak. Bayangkan bila disaat kita berwisata tiba-tiba terjadi gempa besar atau banjir bandang yang masif, bisa jadi kita akan tiba-tiba berada di daerah yang “keras”, tidak ada sumber pangan dan minum dan disana-sini banyak korban (baik tewas maupun terluka). Bila kita tidak siap maka sulitlah kita bertahan hidup menghadapi itu semua. Atau disaat kita sedang menghadiri sebuah konvensi tiba-tiba bangunan tempat kita runtuh atau terbakar, apa yang harus kita lakukan untuk bertahan hidup? Bila kita mengalami situasi sulit ada pedoman yang bisa digunakan agar kita mampu melewatinya dengan selamat. Ingatlah akronim STOP, yang merupakan kependekan dari:

  • Stop/Seating, berhenti dan duduklah beristirahat, jangan panik.
  • Thinking, gunakan akal dan selalu sadar akan keadaan yang sedang dihadapi
  • Observe, amati keadaan di sekitar, tentukan arah, mendapatkan alat alat yang ada dan hindari hal-hal yang tidak perlu.
  • Planning, buatlah rencana dan fikirkan konsekuensinya bila sudah memutuskan apa yang akan dilakukan.


Jadi, disaat mengalami situasi sulit atau kondisi darurat atau bencana terjadi, jangan panik. Berhentilah agar anda bisa berfikir apa terjadi dan apa bahayanya serta apa yang bisa anda lakukan. Kemudian lihatlah keadaan yang ada dan terjadi, bisa jadi kondisi kecil dan benda benda yang ada bisa anda gunakan untuk selamat dan bertahan hidup. Buatlah perencanaan untuk keluar dari kondisi sulit, dengan adanya perencanaan maka anda sudah memiliki kartu selamat.
0 Komentar untuk "Pengertian Survival Pentingnya Mengetahui Arti Survival"

Back To Top