Memberikan Bacaan Seputar Bertahan Hidup | Petualangan | Cerita | Biografi | Penjelajahan | Alat Pendukung dan Makanan

Informasi Umum Virus MERS - CoV


LATAR BELAKANG
Novel Corona Virus yang berjangkit di Saudi Arabia sejak bulan Maret 2012, sebelumnya tidak pernah ditemukan didunia. Oleh karena itu berbeda karakteristik dengan virus corona SARS yang menjangkiti 32 negara didunia pada tahun 2003. Komite International Taxonomy virus lengkapnya The Corona Virus Study Group of The International Committee on Taxonomy of viruses pada tanggal 28 Mei 2013 sepakat menyebut Virus corona baru tersebut dengan nama Middle East Respiratory Syndrome-Corona Virus (MERS-CoV) baik dalam komunikasi publik maupun komunikasi ilmiah.

Hingga saat ini (1 Agustus 2013) jumlah kumulatif kasus konfirmasi MERS-CoV didunia sebanyak 94 kasus dan diantaranya 47 meninggal (CFR 50%). Negara yang terjangkit: Saudi Arabia, Yordania, Qatar,Uni Emirat Arab,Inggris, Jerman, Perancis, Italia dan Tunisia. WHO menyebutkan terjadi penularan terbatas dari manusia ke manusia, baik di klaster keluarga (masyarakat) maupun di pelayanan kesehatan. Terdapat beberapa klaster kasus terkonfirmasi. Sampai saat ini belum jelas sumber asal virus penularnya dan sedang dalam penelitian lebih lanjut.

Gejala klinis pada umumnya demam, batuk gangguan pernafasan akut, timbul gambaran pneumonia, kadang kadang terdapat gejala saluran pencernaan misalnya diare. Kelompok risiko tinggi mencakup Usia lanjut (lebih dari 60 tahun), anak anak,wanita hamil dan penderita penyakit kronis (diabetes mellitus, Hipertensi, Penyakit Jantung dan pernafasan, dan defisiensi immunitas (immunocompromised). Belum terdapat pengobatan spesifik dan belum terdapat vaksin.

Dalam jumlah besar warga Negara Indonesia berada di jazirah Arab terutama di Saudi Arabia, Jordania, Uni Emirat Arab, dan Qatar sebagai tenaga kerja. Khususnya di Arab Saudi tidak hanya yang menetap dalam waktu relatif lama sebagai tenaga kerja tetapi juga dalam rombongan jamaah umrah (mass gathering) dan jamaah haji yang waktunya relatif singkat (10 hari sampai dengan 35 hari). Terdapatnya pengumpulan massa (mass gathering) di wilayah yang sedang berlangsung infeksi MERS-CoV berisiko dapat terjadi penularan.

INFORMASI UMUM MERS-CoV

Pengertian MERS-CoV

  • MERS-CoV adalah singkatan dari Middle East Respiratory Syndrome Corona Virus.
  • Virus ini merupakan jenis baru dari kelompok Coronavirus (Novel Corona Virus).
  • Virus ini pertama kali dilaporkan pada bulan Maret 2012 di Arab Saudi.
  • Virus SARS tahun 2003 juga merupakan kelompok virus Corona dan dapat menimbulkan pneumonia berat akan tetapi berbeda dari virus MERS-CoV .
  • MERS-CoV adalah penyakit sindrom pernapasan yang disebabkan oleh virus Corona yang menyerang saluran pernapasan mulai dari yg ringan sampai berat.
  • Gejalanya adalah demam, batuk dan sesak nafas, bersifat akut, biasanya pasien memiliki penyakit ko morbid.
  • Median usia 49,5 tahun (range 2-94 tahun). 64 % kasus laki – laki.


Cara penularan MERS-CoV
  • Virus ini dapat menular antar manusia secara terbatas, dan tidak terdapat transmisi penularan antar manusia secara luas dan bekelanjutan. Mekanisme penularan belum diketahui. 
  • Kemungkinan penularannya dapat langsung melalui : percikan dahak (droplet) pada saat pasien batuk atau bersin. Tidak Langsung: melalui kontak dengan benda yang terkontaminasi virus.
Pencegahan
Pencegahan dengan PHBS, menghindari kontak erat dengan penderita, menggunakan masker, menjaga kebersihan tangan dengan sering mencuci tangan dengan memakai sabun dan menerapkan etika batuk ketika sakit.


0 Komentar untuk "Informasi Umum Virus MERS - CoV"

Back To Top