Memberikan Bacaan Seputar Bertahan Hidup | Petualangan | Cerita | Biografi | Penjelajahan | Alat Pendukung dan Makanan

Lakukan Tindakan Ini Disaat Terjadinya Gempa


APA YANG MEMBUNUH
Pada dasarnya, gempa bukanlah pembunuh utama dalam kejadian gempa. Namun bangunan yang tidak kuat serta asesorisnyalah (Kaca, hiasan dinding, dan perabotan di dalam rumah) yang berpotensi membunuh, selain kepanikan diantara orang yang berada di dalam bagunan atau gedung tersebut. Bangunan yang runtuh merupakan pembunuh utama (juga penyebab cidera serius) diikuti kepanikan. Kepanikan terjadi karena saling rebut ingin keluar dari dalam gedung tanpa memperhatikan keselamatan. Gempa yang menyebabkan bangunan runtuh terjadi dalam waktu yang singkat (dalam hitungan detik), sehingga sangatlah membahayakan dan tidak menyelamatkan bila kita berlari untuk keluar dari bangunan disaat gempa terjadi.

DI DALAM RUANGAN/BANGUNAN
Bila anda berada di dalam bangunan dan terjadi gempa, langkah yang sederhana dan cepat namun dapat menyelamatkan diri kita adalah “Lindungi & Sembunyi” (lakukanlah secara berurutan):

  1. JANGAN PANIK DAN JANGAN MEMBUAT KEPANIKAN
  2. Segera lindungi kepala anda dengan tangan atau tas anda
  3. Segera sembunyi ke kolong meja atau disisi benda yang kuat (misalnya lemari besar, sofa atau tempat tidur). Bersujudlah/ meringkuk dengan tetap tangan anda melindungi kepala.
  4. Tetaplah ditempat anda sampai gempa selesai
  5. Setelah gempa selesai: keluarlah dari gedung dengan cepat namun tidak berlari. Jangan kembali ke dalam gedung untuk mengambil barang anda yang tertinggal atau alasan apapun karena setelah gempa utama akan ada gempa susulan (after shock) yang bisa merubuhkan bangunan yang sudah tidak stabil.

Jauhilah Kaca:
  • Jangan sembunyi di bawah meja yang terbuat dari kaca
  •  Jangan sembunyi disisi lemari yang berkaca


BILA DI LUAR RUANGAN/BANGUNAN
Seperti halnya di dalam ruangan, kefatalan bisa terjadi akibat kepanikan disaat terjadinya gempa. Sebenarnya anda sudah aman bila terjadi gempa dan anda sedang berada di luar. Berikut ini tips untuk selamat:

  1.  JANGAN PANIK DAN JANGAN MEMBUAT KEPANIKAN, pelatihan dan kesiapan akan membuat kita tidak panik. Panik dapat membunuh dan mengacaukan perencanaan darurat yang sudah kita buat.
  2.  Lindungi kepala anda dari reruntuhan dan kejatuhan. Gunakan tangan, tas dll yang lembut namun mampu melindungi kepala.
  3. Segeralah ”bersujud” ke lantai/tanah/jalan
  4.  Menjauhlah dari kaca, tiang, pohon dan kabel !!!
Exercise make perfect. Oleh karenanya, dengan rutin melakukan latihan dan simulasi maka otak anda akan secara reflex memerintahkan tubuh melakukan hal diatas disaat terjadinya gempa. Ingat akronim STOP bila anda mengalami guncangan/syok.
0 Komentar untuk "Lakukan Tindakan Ini Disaat Terjadinya Gempa"

Back To Top