Memberikan Bacaan Seputar Bertahan Hidup | Petualangan | Cerita | Biografi | Penjelajahan | Alat Pendukung dan Makanan

Mental Merupakan Modal Dasar untuk Survival

SIAPKAN MENTAL

Pikiran yang jernih, kemauan bertahan hidup, percaya diri, dan disiplin merupakan modal kita untuk dapat bertahan hidup pasca bencana. Kondisi pasca bencana merupakan kondisi yang sangat dinamis dan penuh ketidakpastian oleh karenannya kita dituntut tenang, fleksibel dan sabar.

KEMAUAN UNTUK BERTAHAN HIDUP
Tetaplah memiliki semangat untuk tetap hidup, karena bila diri kita sudah tidak memiliki kemauan ini maka kita sudah kehilangan sebagian besar kunci untuk bertahan hidup dan selamat. Ingatlah akan keluarga, pekerjaan yang belum diselesaikan atau apapun yang membuat anda memiliki semangat untuk tetap hidup.

PIKIRAN JERNIH
Jagalah agar pikiran anda tetap jernih dan positif, karena fikiran yang kalut akan membuat kita putus asa dan tidak bisa berfikir untuk menentukan langkah apa yang bisa ditempuh untuk bertahan hidup. Percayalah bantuan pasti akan datang dan banyak yang bisa anda lakukan untuk bisa selamat dari situasi kritis dan bencana. Ingatlah selalu akronim STOP.

PERCAYA DIRI
Tetaplah percaya diri dan percaya dengan kemampuan anda untuk keluar dari masalah. Karena dengan anda percaya diri maka anda akan mampu melakukan tindakan penyelamatan yang tadinya mungkin tidak terbayangkan untuk bisa dilakukan. Tanamkan pada diri anda: “Saya akan mampu keluar dari masalah ini”.

DISIPLIN DAN PERENCANAAN YANG MATANG
Pembuatan perencanaan yang matang untuk keluar dari masalah dan disiplin dalam menjalankan rencana merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam bertahan hidup. Rencanakanlah dengan matang dan jalankan sesuai dengan rencana, dan tetaplah memiliki rencana cadangan. Berdisiplinlah terhadap diri sendiri dan kelompok, misalnya pembagian persediaan minum dan pangan, pembagian waktu berjaga, dll.
0 Komentar untuk "Mental Merupakan Modal Dasar untuk Survival"

Back To Top